Kapolres Aceh Singkil Larang Warga Nyalakan Petasan di Malam Tahun Baru

INDONESIASATU.CO.ID:

ACEH SINGKIL - Perayaan malam tahun baru sangat identik dengan peledakan petasan. Hal ini sudah menjadi fenomena tahunan dalam menyongsong tahun baru.

Terkait hal itu, Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Milyardin SIK, melarang warga menyalakan petasan pada malam perayaan tahun baru 2018.

"Imbauan saya, jangan nyalakan petasan pada saat perayaan tahun baru 2018, itu dilarang karena dapat mengganggu ketenangan warga," kata AKBP Ian Rizkian Milyardin, kepada Sabtu, (30/12/2017).

Menurutnya, petasan tidak hanya mengganggu ketenangan warga, tetapi dapat membahayakan keselamatan jiwa dan kesehatan diri sendiri maupun orang lain. 

Kata Kapolres, menyalakan petasan juga dapat menimbulkan bahaya kebakaran, menjadi pemicu tawuran warga/perkelahian/keributan serta dapat menganggu ketertiban umum.

Selain itu, larangan menyalakan petasan pada perayaan malam tahun baru 2018 juga bertujuan untuk menjaga dan memimalisir dari hal hal yang tidak diharapkan.

"Bayangkan kalau ada yang korban, siapa yang mau bertanggung jawab, makanya kita harus cegah itu sebelum terjadi," sebut AKBP Ian Rizkian.

Kapolres Aceh Singkil juga berharap kepada warga Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulusalam untuk dapat mematuhi dan mengikuti imbauan tersebut.

"Mari kita lakukan hal yang positif menyambut tahun 2018, jangan bermain dengan petasan yang dapat membahayakan keselamatan orang lain maupun diri sendiri", ajaknya. [Jamal]

Index Berita